Kamis, 24 November 2016

Refleks


Hmmm... kenapa tetiba pengen nulis ini yak???
Kita lihat dulu deh, apa yang mau dibahas. Mari kita lihat dulu pengertiannya apa itu gerak refleks menurut ilmu biologi.
Gerak refleks merupakan gerak yang tidak disadari. Hantaran impuls pada gerak refleks mirip seperti pada gerak biasa. Bedanya, impuls pada gerak refleks tidak melalui pengolahan oleh pusat saraf. Neuron di otak hanya berperan sebagai konektor saja (pusing?? ahahaha udah lupa yaaaa). Intinya sih, satu gerakan atau aksi yang kita kerjakan tanpa sadar. Jadi kata kuncinya adalah "Tanpa Sadar".
 Pernah gak, kita keceplosan atau melihat orang yang keceplosan? pernahkaaannnn??Nah, sejatinya keceplosan ini adalah bentuk refleks yang paling jujur dalam jiwa seseorang. kenapa demikian? kalian tau apa itu habits atau kebiasaan? yups, habits atau kebiasaan adalah suatu pekerjaan yang untuk melakukannya tika udah gak usah mikir lagi, Gak usah bengong dulu alias gak pake mikir.
Pun begitu dengan refleks, aq sih pengen nulis masalah "keceplosan" aja sebenarnya. Jadi ya, anggap aja itu prolognya, biar pada nyambung, apa yang mau diomongin, hehehe
Nah, si keceplosan ini adalah salah satu bentuk dari kejujuran jiwa, karena sejatinya itulah yang ada dalam fikirannya. contoh: ketika seseorang kesandung, ato kaget maka apa yang diucapkan adlah apa yang sedang ia fikirkan tanpa mempertimbangkan, apakah ucapan yang keluar itu baik atau tidak. Jujur, aq kemarin keceplosan bangeeeeeeetttt, ini gerak refleks bangeeet pengen pergi. Tapi setelahnya aq berfikir, lhooo kenapa tadi langsung cabut buru2 gitu aja ya?? jujur aq bertanya pada diri sendiri, dan alasannya karena aq gak bisa harus pura2 ramah sama orang yang..... ah sudahlah. Jadi intinya, gerakanku waktu itu adalah satu bentuk kejujuran jiwa. Tp klo difikir lagi, gak boleh lhooooo boreeeel kamu ngelakuin itu. Astagfirullah, ampuni salahku ya Rabb. Mohon lapangkan hati ini, mohon lapangkan untuk orang2 yang memang pernah memberi duri. Introspeksi diri boreel, kamu juga pasti pernah ngasih duri sama orang lain. Banyak istigfaaarrr... Astagfirullah, semoga Allah mengampuni dosa2 ini..

Just reminder buat aq sendiri,.. Jaga sikap, kita gak atauuu keadaan hati seseorang lagi gimana. kesinggung sedikit, bisa jadi bumerang besarrr. Semangat menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar